OPTIMALISASI PERFORMA PERALATAN ATIS MELALUI SINKRONISASI BAUD RATE DENGAN AMSC
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5767Abstract Views: 147 File Views: 262
Abstract
Automatic Terminal Information Service (ATIS) berperan penting dalam sistem komunikasi penerbangan, terutama dalam menyiarkan data kondisi dari suatu bandara. ATIS terkoneksi dengan Aeronautical Message Switching Center (AMSC) untuk mengambil data informasi yang kemudian diolah dan disiarkan dalam bentuk voice. Namun, penurunan performa ATIS yang disebabkan oleh ketidaksesuaian baud rate dengan AMSC mengakibatkan gangguan konektivitas, sehingga menghambat proses komunikasi informasi penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah penurunan performa ATIS dan menerapkan solusi sinkronisasi baud rate untuk meningkatkan konektivitasnya dengan AMSC. Metode penelitian melibatkan analisis teknis parameter komunikasi kedua perangkat, penyesuaian baud rate melalui konfigurasi perangkat keras, serta pengujian performa setelah sinkronisasi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinkronisasi baud rate berhasil meningkatkan stabilitas koneksi antara ATIS dan AMSC, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi transfer data. Temuan ini menekankan akan pentingnya sinkronisasi parameter teknis dalam menjaga performa peralatan navigasi udara. Kesimpulan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pemeliharaan dan pengembangan sistem komunikasi data penerbangan di masa mendatang.Downloads
References
International Civil Aviation Organization, “Aeronautical Telecommunications, Volume III,” Annex 10 Volume IV Aeronautical Telecommunications, 2007.
A. Pinomo Manurung et al., “Analisis Sistem Kerja ATIS (Automatic Terminal Information Service) di AIRNAV Cabang Medan,” 2021.
Y. Huang, H. Lin, and D. Zhang, “Analisis baud rate UART untuk mempengaruhi data,” 2023. [Online]. Available: www.DeepL.com/pro
AIRNAV INDONESIA Kantor Cabang Halim, “STANDARD OPERATING PROCEDURE TELEPRINTER,” 2017.
INTERNATIONAL CIVIL AVIATION ORGANIZATION, “MANUAL OF AIR TRAFFIC SERVICES DATA LINK APPLICATIONS INTERNATIONAL CIVIL AVIATION ORGANIZATION,” 1999.
M. Daffa Firanda, “TINJAUAN PEMANDUAN KOMUNIKASI PENERBANGAN PADA FLIGHT SERVICE STATION (FSS) MANADO TERHADAP STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE DI BANDAR UDARA SAM RATULANGI MANADO,” 2020.
P. Wahyu Purnawan, “SISTEM APLIKASI AMSC PADA JARINGAN AFTN DI P.T. ANGKASA PURA II JAKARTA,” 2013.
S. A. Li et al., “Enabling Technology in High-Baud-Rate Coherent Optical Communication Systems,” IEEE Access, vol. 8, pp. 111318–111329, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.3003331.
L. Y. Hidayat, H. Fadly, and M. A. Sulaiman, “RANCANGAN PROTOTYPE MONITORING NOTIFICATION ALARM PADA PERALATAN NAVIGASI MERK THALES,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4305.
S. I. K. , M. S. Dr. H. Zuchri Abdussamad, Metode Penelitian Kualitatif, 1st ed. Syakir Media Press, 2021.
F. Rita Fiantika, M. Wasil, and S. Jumiyati, METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. 2022. [Online]. Available: www.globaleksekutifteknologi.co.id
F. Wilbert Wijaya, A. Yunus, P. Studi Sistem Informasi, and S. Kharisma Makassar, “ANALISIS PERFORMA WEBSITE ANTIMACET MENGGUNKAN PINGDOM TOOLS DAN GEEK FLARE,” JTRISTE, vol. 9, no. 1, pp. 98–112, 2022, [Online]. Available: https://antimacet.site/.
Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Udara, “KP 35 TAHUN 2019 PEDOMAN TEKNIS OPERASIONAL PERATURAN KESELAMATAN PENERBANGAN SIPIL BAGIAN 171-12 (ADVISORY CIRCULAR PART 171-12) PROSEDUR PEMELIHARAAN DAN PELAPORAN FASILITAS TELEKOMUNIKASI PENERBANGAN,” 2019.