PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN PAKET WISATA DI DESA WONOKITRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Akhmad Aldi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Yudharta pasuruan
  • Atik Hidayati Mufidah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Yudharta pasuruan
  • Cahya Bagus Sanjaya Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Yudharta pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5250

Abstract Views: 563 File Views: 473

Abstract

Kemajuan Teknologi memberikan dampak positif pada berbagai sektor industri, termasuk pariwisata, hal ini mendorong berkembangnya desa wisata seperti Desa Wonokitri di Kabupaten Pasuruan. Desa wonokitri ini merupakan pintu masuk terakhir menuju kawasan Taman Nasional Bromo melalui Pasuruan. Namun dari data menunjukkan jumlah kunjungan ke Taman Nasional Bromo melalui Kabupaten Pasuruan lebih rendah jika dibandingkan dengan kabupaten lain seperti Probolinggo, hal ini disebabkan karena kurangnya platform informasi yang memadai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan perancangan desain UI/UX untuk aplikasi pemesanan paket wisata desa wonokitri dengan menggunakan metode Design Thinking yang meliputi lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode ini dipilih karena berfokus pada identifikasi permasalahan dan kebutuhan pengguna serta menciptakan solusi yang inovatif. Pada tahap pengujian, prototipe ini diuji oleh calon pengguna untuk mengumpulkan umpan balik. Pengujiannya dilakukan dengan menggunakan Maze.design menghasilkan skor 88 dari 23 Responden yang menunjukkan rata rata perancangan antarmuka aplikasi ini telah berjalan dengan baik.

Desa wisata; User Interface; User Experience; Design Thinking; Maze Desain;

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. G. N. D. Paramartha, M. F. E. Adzariatulah, and G. H. Prathama, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Mobile Desa Wisata Lombok Tengah Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 9, no. 3, pp. 298–310, 2023.

R. R. Rosa, Radian Salman, Sri Winarsi, Wilda Prihatiningtyas, and Giza’a Jati Pamoro, “Pengembangan Potensi Desa Wisata Di Masa Pandemi (Studi Di Desa Sukobendu, Lamongan),” Jurnal Dedikasi Hukum, vol. 1, no. 3, pp. 313–327, 2021, doi: 10.22219/jdh.v1i3.18408.

A. R. Kinanggi, “Collaborative Governance Dalam Pengembangan Desa Wisata Edelweis Wonokitri Kabupaten Pasuruan,” Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi …, vol. 3, no. 11, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2124%0Ahttps://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/download/2124/1984

P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, pp. 246–253, 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.

A. M. Yusuf, R. Gunawan, A. Priatna, and R. A. Pardian, “Perancangan UI/UX Sistem Informasi Pembayaran Pengunaan Air Dengan Metode Design Thinking Pada Website PDAM Karawang,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD), vol. 6, no. 1, p. 8, 2023, doi: 10.53513/jsk.v6i1.7359.

D. S. Bila and D. R. Indah, “Perancangan Ulang UI-UX Desain Website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Metode Design Thinking,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 6, pp. 746–753, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.870.

S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.

I. B. Karo Sekali, C. E. J. C. Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.

Q. U. R. An, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PEMBUATAN DESAIN UI / UX APLIKASI HAFALAN AL-,” vol. 12, no. 3, 2024.

M. Nurdarmayani, D. Irmayanti, and I. Jaelani, “Redesign Ui / Ux Aplikasi E-Puskesmas Kabupaten Purwakarta Menggunakan Metode Design Thinking Program Studi Teknik Informatika , Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana , Indonesia Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun ju,” vol. 2, no. 5, pp. 75–89, 2024.

N. Nur Rifa and Darso, “Perancangan Ulang Ui/Ux Design Facebook Lite App Menggunakan Metode Design Thinking,” STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 11–17, 2024, doi: 10.55123/storage.v3i1.3111.

G. William et al., “Perancangan Desain UI / UX Aplikasi Manajemen Keuangan Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 5, no. 4, pp. 1196–1206, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i4.5680.

R. A. Kurniawan, R. Firliana, and A. S. Wardani, “Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Desain UI Dan UX Aplikasi Penjualan Kosmetik Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 2, pp. 355–364, 2024.

A. Rayhaan Yusri, I. Faqihuddin Hanif, M. Daffa Al-farel, N. Zaandami, and M. Yasin, “Perancangan Desain UI/UX Berbasis Scan Barcode Dengan Metode Design Thinking Untuk Pemesanan Makanan,” Bulletin of Information Technology (BIT), vol. 5, no. 2, pp. 102–113, 2024, doi: 10.47065/bit.v5i2.1340.

A. C. Billan, D. Kurniawan, A. Rifai, E. Sevtiyuni, and A. Meiriza, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Perancangan Prototype UI/UX Pada Pelacak Kendaraan Operasional Dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus Penerapan Pada Instansi BUMN),” Media Online, vol. 4, no. 5, pp. 2596–2606, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i5.1843.

Z. A. Pratama, A. P. Sari, and S. M. Satrio, “Maze Design Usability Testing Pada Prototipe Aplikasi Iot Urban Farming Hips,” Power Elektronik : Jurnal Orang Elektro, vol. 12, no. 3, pp. 174–179, 2024, doi: 10.30591/polektro.v12i3.6039.

Downloads

Published

2024-10-12

How to Cite

Aldi, A., Mufidah, A. H., & Sanjaya, C. B. (2024). PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN PAKET WISATA DI DESA WONOKITRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5250

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)