Analisis Perbandingan Beban Emisi Kendaraan Pada Kondisi Normal dan New Normal Akibat Pandemi Covid 19

Authors

  • Muhammad Fatwa Putra Sampurna Lampung University
  • Rahayu Sulistyorini Lampung University
  • Siti Anugrah Mulya Putri Ofrial Lampung University
  • Dwi Herianto Lampung University

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2373

Abstract Views: 178 File Views: 242 File Views: 0

Abstract

Jalan R.A. Kartini menghubungkan kawasan primer dengan kawasan sekunder guna mendukung berbagai aktivitas dan kebutuhan masyarakat kota Bandar Lampung. Dengan adanya pandemi Covid-19, terjadi penurunan aktifitas pergerakan transportasi yang disebabkan oleh berkurangnya aktifitas diluar rumah. Penelitian ini bertujuan menganalisis emisi kendaraan di jalan R.A. Kartini selama masa new normal dan membandingkannya dengan masa normal. Data yang digunakan pada analisis berasal dari data volume lalu lintas dan data penjualan mobil. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu volume kendaraan mempengaruhi tingkat emisi yang dikeluarkan dari masingmasing kendaraan. Hasil prediksi kosentrasi emisi kendaraan yang terjadi yaitu karbon monoksida (CO) sebesar 125,32 ton/tahun, karbon dioksida (CO2) sebesar 17430,58 ton/tahun, hidrokarbon (HC) sebesar 27,47 ton/tahun, nitrogen oksida (NOX) sebesar 5,91 ton/tahun, partikulat (PM10) sebesar 0,9495 ton/tahun dan sulfur dioksida (SO2) sebesar 0,6348 ton. Beban emisi pencemar kendaraan tertinggi disebabkan oleh CO2 dan CO.


Kata kunci: jalan R.A. Kartini, pandemi Covid-19, masa new normal, volume lalu lintas, emisi kendaraan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Ismayanti, R., Boedisantoso, R., and Assomadi, A., 2010. Kajian Emisi CO2 Menggunakan Persamaan Mobile 6 dan Mobile Combustion dari Sektor Transportasi di Kota Surabaya. Artikel Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Surabaya.

Kementerian Lingkungan Hidup, 1997. Indeks Standar Pencemar Udara. Nomor 45. Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Jakarta.

Kementerian Lingkungan Hidup, 2010. Pelaksanaan Pengendalian Pencemaran Udara Di Daerah. Nomor 12. Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Jakarta.

Ofrial, S., Niken, C., and Herianto, D., 2019. Model Matematis Kualitas Udara Ambien di Pelabuhan (Studi Kasus Pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung). Prosiding_Sinta_2019. Lampung.

Yuliastuti, A., 2008. Estimasi Sebaran Keruangan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Downloads

Additional Files

Published

2022-03-01

How to Cite

Sampurna, M. F. P., Sulistyorini, R., Ofrial, S. A. M. P., & Herianto, D. (2022). Analisis Perbandingan Beban Emisi Kendaraan Pada Kondisi Normal dan New Normal Akibat Pandemi Covid 19. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 10(1), Hal. 115 – 122. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2373

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi Maret 2022