Analisis Kualitas Campuran Aspal Panas Menggunakan Berbagai Macam Aspal Modifikasi

indah marlina ardianti, Sasana Putra, Muhammad Karami

Abstract


This research analyzes the quality of hot asphalt mixture by using various modified asphalt. It is intended to know the characteristics of asphalt mixture and modified asphalt mixture as the main material to make mixture. Moreove, it is also intended to know the influence of additive materal adding in the asphalt mixture toward the score of stability and the solidity of asphalt mixture.

 

The additional materials of modified asphalts used are Jaya Aspal Polymer modification poduced by Pertamina and Taftpack-Super. There are three variaties in adding the Taftpack-Super that are 5%, 10%, and 15% for the Optimum Asphalt Level (KAO) of the asphalt penetration is 60/70. The test of asphalt mixture done in this research uses Marshall Test with 30 minutes soaking duration. The characteristics of the observation on the asphalt mixture quality consist of the score of stability, flow, Void In The Mix (VIM), Void Filled With Asphalt (VFA), Void Mineral Aggregate (VMA), Marshall Quostient (MQ), and the solidity score of the mixture.

The result of the research shows the Optimum Asphalt Level (KAO) of the Jaya Aspal Polymer modified asphalt is 5,8% while in the type of asphalt penetration 60/70 is 6,3%. The score of mixture characteristics of the penetration asphalt 60/70 will less than the asphalt mixture which has been modified by adding the additional material that is Taftpack-Super, whereas the stability score and Marshall Questiont (MQ) in the penetration asphalt 60/70 tend higher than Jaya Aspal Polymer. The haighest score of mixture stability is in the KAO asphalt mixture with the asphalt penetration 60/70 by adding Taftpack-Super10% that is 2017,864 Kg with the solidity score 2,259. The high score of stability and solidity can give the mixture the better and longer quality and service period.

 

Keywords: Quality Analysis, Modified Asphalt, Jaya Aspal Polymer, Taftpack-Super,Optimum

Asphalt Level (KAO).

 

Penelitian ini menganalisis kualitas campuran aspal panas menggunakan berbagai aspal modifikasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik campuran aspal dan campuran beraspal modifikasi sebagai bahan utama pembentuk campuran. Selain itu untuk mengetahui pengaruh penambahan bahan aditif pada campuran aspal modifikasi terhadap nilai stabilitas dan kepadatan campuran beraspal.

 

Bahan tambahan aspal modifikasi yang digunakan yaitu jenis aspal modifikasi Jaya Aspal Polymer produksi Pertamina serta Taftpack-Super. Dilakukan tiga variasi penambahan Taftpack-Super yaitu sebesar 5%, 10% dan 15% untuk nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) aspal penetrasi 60/70. Pengujian campuran beraspal yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Marshall Test dengan lama perendaman 30 menit.Karakteristik peninjauan kualitas campuran beraspalmeliputinilai Stabilitas, Kelelehan (flow), Void In The Mix (VIM), Void Filled With Asphalt (VFA), Void Mineral Aggregate (VMA), Marshall Quostient (MQ), dan nilai Kepadatan pada campuran.

 

Hasil penelitian yang diperoleh Kadar Aspal Optimum(KAO) untuk aspal modifikasi Jaya Aspal Polymer sebesar 5,8% sedangkan pada jenis aspal penentrasi 60/70 sebesar 6,3%. Nilai karakteristik campuran aspal penetrasi 60/70 akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan campuran beraspal yang telah dimodifikasi dengan penambahan bahan aditif Taftpack-Super, sedangkan nilai stabilitas dan Marshall Questiont (MQ) pada campuran aspal penetrasi 60/70 cenderung lebih besa dibandingkan Jaya Aspal Polymer. Untuk nilai stabilitas campuran paling besar terdapat pada campuran aspal KAO aspal penetrasi 60/70 dengan penambahan Taftpack-Super sebesar 10% yaitu sebesar 2017,864 Kg dengan nilai kepadatan sebesar 2,259. Dengan nilai stabiltas dan kepadatan yang besar sehingga mampu meberikan campuran mutu dan masa layan yang jauh lebih baik dan tahan lama.

 

Kata kunci : Analisis Kualitas, Aspal Modifikasi, Jaya Aspal Polymer, Taftpack-Super,

Kadar Aspal Optimum (KAO)


Full Text:

odt PDF

References


Anonim. 2017. Kondisi Jalan Provinsi Lampung Memprihatinkan. Lampung Post. 23 Oktober 2017 .

Putri, Vidya Annisah. 2016. Identifikasi Jenis Kerusakan pada Perkerasan Lentur (Studi Kasus Jalan Soekarno – Hatta Bandar Lampung). Skripsi Teknik Sipil, Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Tenriajeng, Andi Tenrisukki. 1999. Rekayasa Jalan Raya-2. Jakarta. Universitas Gunadharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher

Department of Civil Engineering

Engineering Faculty

University of Lampung

Website: http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd

Email: jrsdd@eng.unila.ac.id
 
Copyright (c) JRSDD (Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain)
P-ISSN: 2303-0011 (Print); E-ISSN: 2715-0690 (Online)