Studi Penggunaan Jenis Elektroda Las Yang Berbeda Terhadap Sifat Mekanik Pengelasan SMAW Baja AISI 1045

Tarkono .

Abstract


Dalam aplikasinya baja AISI 1045 digunakan dalam bidang mechanical engineering.  Penyambungan material tersebut  dilakukan dengan teknik  pengelasan sebab baja karbon sedang  mempunyai sifat mudah menjadi keras jika ditambah dengan adanya hidrogen difusi menyebabkan baja ini sangat peka terhadap retak las. Untuk mengurangi hidrogen difusi, harus digunakan elektroda hidrogen rendah.

Tujuan dari penggunaan elektroda yang tidak sejenis adalah untuk mengetahui pengaruh jenis elektroda las terhadap kekuatan tarik dan kekerasan hasil pengelasan SMAW baja karbon AISI 1045. Dimana elektroda las dibedakan menurut jenis dan standarnya, yang dalam hal ini yaitu standar ASTM dan JIS. Elektroda yang digunakan adalah elektroda las LB52, RD 716-G dan RD-80. Penyambungan dilakukan dengan teknik pengelasan SMAW  yang merupakan salah satu metode pengelasan umum dalam penyambungan konstruksi teknik.

Dari pengujian yang telah dilakukan, Kekuatan tarik yang dihasilkan oleh elektroda LB-52 dan RD 716-G standar ASTM dengan elektroda standar JIS cenderung lebih tinggi. Sebaliknya pada elektroda RD-80 kekuatan tarik yang dihasilkan pada standar ASTM cenderung lebih tinggi dibandingkan standar JIS. Kekuatan tarik maksimum yang diperoleh sebesar 666,667 MPa. Nilai kekerasan yang dihasilkan oleh elektroda LB-52 standar JIS dengan standar ASTM cenderung lebih tinggi. Sebaliknya pada elektroda RD 716-G dan RD-80 standar ASTM menghasilkan nilai kekerasan cenderung lebih tinggi dibandingkan standar JIS. Nilai kekerasan maksimum yang didapat adalah sebesar 277,3 HV. Nilai perpanjangan (elongation) yang dihasilkan oleh elektroda LB-52 standar ASTM dengan standar JIS cenderung lebih tinggi. Sebaliknya pada elektroda RD 716-G dan RD-80 standar JIS menghasilkan perpanjangan cenderung lebih tinggi dibandingkan standar ASTM. Nilai perpanjangan maksimum yang terjadi dari hasil pengelasan sebesar 44,67%.

Kata kunci : Baja AISI 1045, las SMAW, elektroda las LB52, RD 716-G dan RD-80


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact and E-Mail : (Phone) 0721-704947, (E-Mail) : Jurnal.Mechanical@eng.unila.ac.id


Statcounter Journal Mech
Flag Counter
Creative Commons License
MECH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.