Analisis kebutuhan konsumen pada desain sterilizer receiver box dengan metode Quality Function Deployment (QFD)

A YT Panuju, G I Akbar, A Hamni, G A Ibrahim

Abstract


Sterilizer receiver box (SRB) adalah perangkat untuk skala rumah tangga yang berfungsi layaknya kotak pos, yaitu kotak untuk menerima hantaran barang dari kurir. Pengembangan produk ini dilatarbelakangi oleh pergeseran pola pembelian masyarakat yang saat ini semakin banyak melakukan proses pembelian online, di mana proses penghantaran terkadang terkendala oleh pemesan yang sedang tidak berada di rumah. Selain itu, kondisi pandemi COVID-19 juga telah memberikan pelajaran terkait berbahayanya risiko penyebaran penyakit menular, di mana perpindahan barang dari kurir kepada konsumen merupakan celah perpindahan virus atau bakteri. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan analisis kebutuhan konsumen terhadap SRB, di mana analisis dilakukan dengan menggunakan metode quality function deployment (QFD). Hasil dari analisis menunjukkan beberapa aspek dan komponen baru yang diletakkan pada SRB dibandingkan kotak pos biasa seperti mekanisme penguncian kotak dan aplikasi online yang dapat memudahkan pemilik SRB, sudah memenuhi ekspektasi dari konsumen.

Kata kunci: Desain receiver box, Sterilisasi produk, Quality function deployment


Keywords


desain;qfd;produk

Full Text:

PDF

References


Abdullah, C., Suliyanthini, D. (2021) Perubahan perilaku konsumen di masa pandemi COVID-19, Equilibrium Jurnal Pendidikan.

Aqil, N. A., Putri, C. M., Yunisa, D. (2022) Evaluation of Cash on Delivery System for Improving Legal Certainty in the Development Of Electronic Transactions In Indonesia, Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 2(2), 251-264.

Biasin, M., Bianco, A., Pareschi, G. et al. (2021) UV-C irradiation is highly effective in inactivating SARS-CoV-2 replication, Sci Rep, 11.

Hamni, A., Panuju, A.Y.T., Ambarwati, D.A.S. (2021) Understanding consumers’ behaviour for reducing environmental and social impact through sustainable product design–A Study case of vehicles usage in Indonesia, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 739 (1)

Lestariningsih, S., Jono. (2019) Penggunaan metode quality function deployment (QFD) dalam redesain kompor batik elektrik kombatrik, Jurnal Rekayasa Industri, 1(1).

Muhammad, M.A., Panuju, A.Y.T., Prayitno, H., Pradipta, R.A., Martinus, Akbar, G.I. (2021) Internet of things Ultraviolet sterilizer receiver box: how to design and construct?, Int. Journal of Electronics and Communications System, 1(2).

Panuju, A.Y.T., Suudi, A., Ibrahim, G.A. (2021) Identifying Constraints of Sustainable Product Development in Indonesia, International Journal of Scientific and Research Technology.

Rumbiati (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 19(3).

Sumarna, D.L. (2021) Dampak COVID-19 terhadap kualitas pelayanan perusahaan kurir logistik Indonesia, Jurnal Logistik Bisnis, 11(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact and E-Mail : (Phone) 0721-704947, (E-Mail) : Jurnal.Mechanical@eng.unila.ac.id


Statcounter Journal Mech
Flag Counter
Creative Commons License
MECH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.