Perbandingan Antara Regangan Susut yang Terjadi pada Jalan Beton di Iklim Tropis Lembap dan Prediksi ACI 209R-92
DOI:
https://doi.org/10.23960/jrsdd.v11i4.3828Abstract Views: 140 File Views: 89 File Views: 0
Abstract
Jurnal ini membahas tentang perbandingan antara prediksi susut ACI 209R-92 dengan susut yang terjadi dalam perkerasan kaku. Penelitian ini dilakukan di Indonesia, yang memiliki iklim tropis lembab dengan suhu dan kelembapan yang tinggi sepanjang tahun. Perilaku beton akan berbeda dengan negara yang memiliki empat musim seperti Amerika Serikat, tempat dimana ACI diterbitkan. Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini berukuran 5m × 4,5m × 0.3m. Regangan susut beton didapatkan dari pembacaaan keempat alat vibrating wire strain gauges(VWSG) yang ditanam dalam beton. Pengamatan dilakukan sampai beton berusia 90 hari. Hasil dari regangan beton kemudian dibandingkan dengan prediksi ACI 209R-92. Hasil regangan beton yang terbesar terjadi pada daerah tengah pelat (VWSG 1) dikarenakan daerah tengah memiliki luasan yang berkontak langsung dengan udara sekitar paling besar, jadi suhu dan kelembapan sekitar bisa masuk ke dalam beton dan mempercepat penguapan air yang ada dalam beton. Hasil prediksi dari ACI 209R-92 sekitar 15,6%-36,7% lebih kecil daripada hasil penelitian. Perbedaan ini disebabkan karena lokasi penelitian ini memiliki suhu yang cukup tinggi dankelembapan tinggi karena berada di iklim tropis.
Downloads
References
ACI Committee 209. 1997. ACI 209R-92: Prediction of Creep, Shrinkage, Temperature Effects in Concrete Structures. American Concrete Institute.
Al-Shathr, B., Abdulameer, A., & Al-Attar, T. 2018. The role of ambient temperature variation on drying shrinkage development of self-compacting Portland-limestone cement concrete. MATEC Web of Conferences 162. https://doi.org/10.1051/matecconf/201816202021.
Barde, D., Harinkhede, B., & Gajghate, V. 2023. Evolution of Cement Concrete Road in Highway: A Review. International Journal of Research Publication and Reviews 4(5): 3696-3699.
Chatarina, N. 2021. Short-term deformation model of high-performance concrete plate based on surrounding temperature. The Journal of Asian Concrete Federation 7(2): 63–73. https://doi.org/10.18702/acf.2021.12.7.2.63.
Fadhillah, G. M., Putri, R. A., Tudjono, S., & Priastiwi, Y. A. 2017. Kajian susut beton pada struktur beton bertulang yang cepat bongkar perancah studi kasus Gedung ICT Center Universitas Diponegoro. Jurnal Karya Teknik Sipil 6(2): 214-227.
Fattouh, M. S., Tayeh, B. A., Agwa, I. S., & Elsayed, E. K. 2023. Improvement in the flexural behaviour of road pavement slab concrete containing steel fibre and silica fume. Case Studies in Construction Materials, 18. https://doi.org/10.1016/j.cscm.2022.e01720.
Manual Desain Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2017. Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.
Nashruddin, A.Z., Buana, C. 2021. Analisis Penilaian Kerusakan Jalan dan Perbaikan Perkerasan pada Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Jurnal Teknik ITS 10(1): 27-34.
Pd T-14-2003 Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.
Priana, S. E. 2018. Analisa faktor penyebab kerusakan jalan (studi kasus ruas jalan lingkar utara Kota Padang Panjang). Rang Teknik Journal 1(1): 86-89. https://doi.org/10.31869/rtj.v1i1.609.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Sekretariat Negara. Jakarta.
Yudaningrum, F., Ikhwanudin. 2017. Identifikasi Jenis Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kedungmundu-Meteseh). TEKNIKA 12(2): 16-23. http://dx.doi.org/10.26623/teknika.v12i2.638.
Zhang, P., Li, Q., Chen, Y., Shi, Y., & Ling, Y. F. 2019. Durability of steel fiber-reinforced concrete containing SiO2 nanoparticles. Materials 12(13). https://doi.org/10.3390/ma12132184.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JRSDD is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.