Durabilitas Campuran AC-WC Berbasis RAP Menggunakan Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Tambah Pada Aspal

Authors

  • Ahmad Yusuf Naufal
  • Sasana Putra
  • Muhammad Karami
  • Rahayu Sulistyorini

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2533

Abstract Views: 132 File Views: 179 File Views: 0

Abstract

Abstract

 

One method of road infarstructure maintenance is dredging the old asphalt pavement to then be re-coated with a new asphalt pavement. The result of dredging old asphalt pavement is called RAP (Reclaimed Asphalt Pavement). RAP can be used as an aggregate substitution in the manufacture of new asphalt pavement layers, especially in the AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course) layer by recycling. In addition to the utilization of RAP, improving the quality of road pavement also needs to be done by modifying paved mixtures by adding additives to the asphalt. The additive added in this study is ATK (Coconut Shell Charcoal). This study aims to determine the effect of the addition of ATK on the durability of RAP-based AC-WC mixtures. Furthermore, the immersion of the test object is carried out with a variation of 30 minutes, 1 day at a temperature of 60 °C. The effect of the addition of ATK to the RAP-based AC-WC mixture on its durability judging from the residual Strength Index (IKS) value shows that the residual strength value is getting smaller along with the increasing rap levels and ATK levels in the mixture, this can be caused because ATK is an organic material that is susceptible to the influence of water and RAP is a used asphalt pavement that has suffered damage due to road service.

 

Keywords: AC-WC, RAP, Durability,Coconut shell charcoal

 

Abstrak

 

Salah satu metode pemeliharaan insfrastruktur jalan adalah pengerukan perkerasan aspal lama pada jalan untuk kemudian dilapis kembali dengan perkerasan aspal baru. Hasil dari pengerukan perkerasan aspal lama disebut dengan RAP (Reclaimed Asphalt Pavement). RAP dapat dimanfaatkan sebagai substitusi agregat pada pembuatan lapis perkerasan aspal baru khususnya pada lapisan AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course) dengan cara daur ulang. Selain pemanfaatan RAP, peningkatkan kualitas dari perkerasan jalan juga perlu dilakukan dengan cara memodifikasi campuran beraspal dengan menambahkan bahan aditif pada aspal. Bahan aditif yang ditambahkan dalam penelitian ini yaitu ATK (Arang Tempurung Kelapa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ATK terhadap durabilitas campuran AC-WC berbasis RAP. Selanjutnya perendaman benda uji dilakukan dengan variasi 30 menit, 1 hari pada suhu 60˚C. Pengaruh penambahan ATK pada campuran AC-WC berbasis RAP terhadap durabilitasnya ditinjau dari nilai Indeks Kekuatan Sisa (IKS) menunjukkan nilai kekuatan sisa yang semakin kecil seiring dengan bertambahnya kadar RAP dan kadar ATK dalam campuran, hal ini dapat disebabkan karena ATK adalah bahan organik yang rentan terhadap pengaruh air dan RAP adalah perkerasan aspal bekas yang telah mengalami kerusakan akibat masa layan jalan.

 

Kata Kunci: AC-WC, RAP, Durabilitas, ATK

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Bina Marga, 2010. Spesifikasi umum 2010. Direktorat Jendral Bina Marga, 2010 (Revisi 3), 1–6.

Juharni, R., Magister, P., Keahlian, B., Aset, M., Teknik, F., dan Dan, S., 2015. Analisa Penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) Sebagai Bahan Campuran Aspal Dingin Jenis Ogems Dengan Menggunakan Aspal Emulsi Modifikasi (Studi Kasus Material RAP Jalan Kolonel H). Analysis The Use Of Reclaimed Of Asphalt Pavement (RAP) As a Cold. Tesis Rc – 142501. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Mashuri, 2008. Pengaruh Penggunaan Serbuk Arang Tempurung Kelapa dan Variasi Jumlah tumbukan terhadap karakteristik Campuran Beton Aspal. Majalah Ilmiah, Mektek. Jurnal Media Komunikasi Teknologi Edisi Januari 2008, Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Palu.

Permana, I.G.B.M., 2015. Analisis Penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) Sebagai Bahan Campuran Aspal Dingin Bergradaasi terbuka dengan Menggunakan Aspal Emulsi Jenis Kationik (Studi Kasus Material RAP dari Jalan Ir. Soekarno Tabanan). Tesis Rc - 142501, (tesis). Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Ratih, W. A. W. 2018. Kajian Komparatif Durabilitas Campuran Aspal Beton Menggunakan Bahan Pengikat yang Berbeda. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung. 52 hlm.

Sukirman, S. 2016. Beton Aspal Campuran Panas. Journal of Chemical Information and Modeling. Granit Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Sunarjono, S., Riyanto, A., dan Absori, 2012. Rekayasa Pemanfaatan Reclaimed Asphalt Pavement Untuk Preservasi Konstruksi Jalan. Simposium Nasional RAPI XI FT UMS, 48–54.

Wang, D., Reddy,SVS Vinay., Ch.Hanumantharao.,2020.Partial Replacement of Stone Dust with Coconut Shell Charcoal Powder in Flexible Pavement. Koneru Lakshmaiah Education Foundation, India. 8 hlm.

Widayanti, A., Aryani Soemitro, R.A., Eka Putri, J.J., dan Suprayitno, H., 2017. Karakteristik Material Pembentuk Reclaimed Asphalt dari Jalan Nasional di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 1 (1), 11–22.

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Naufal, A. Y., Putra, S., Karami, M., & Sulistyorini, R. (2022). Durabilitas Campuran AC-WC Berbasis RAP Menggunakan Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Tambah Pada Aspal. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 10(1), Hal. 193 – 204. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2533

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi Maret 2022