Efektifitas Fly Over Di Jalan H. Komarudin – Jalan Kapten Haq Berdasarkan Tinjauan Tundaan Pada Perlintasan Sebidang Kereta Api Jalan H. Komarudin
DOI:
https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2483Abstract Views: 101 File Views: 48 File Views: 0
Abstract
Perlintasan pintu kereta api pada segmen ruas jalan H. Komarudin Bandar Lampung sering menimbulkan kemacetan sehingga menyebabkan terjadinya tundaan dan panjang antrian. Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku tundaan yang terjadi pada masing-masing lajur akibat penutupan pintu lintasan kereta api. Metode gap acceptance digunakan untuk mengetahui besaran tundaan yang terjadi dengan dukungan data kecepatan dan waktu tempuh. Hasil penelitian didapatkan tundaan atau waktu gap tertinggi pada hari Senin pagi sebesar 12,08 detik. Durasi penutupan palang pintu terlama terjadi hari senin pagi pukul 08:15 WIB sebesar 357,44 detik. Panjang antrian terpanjang terjadi pada hari senin sore saat kereta ke 1 sebesar 165 meter pada arah Fly Over – Bataranila.
Downloads
References
Arif, MR. 2021. Perilaku Tundaan Akibat Perlintasan Kereta Api Menggunakan Metode Gap Acceptance (Studi Kasus Segmen Jalan Urip Sumoharjo – Kimaja. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
Brilon, W; Koenig, R; dan Troutbeck, RJ. 1997. Useful Estimation Procedures for Critical Gaps. Proceedings of the 3rd International Symposium on Intersections without Traffic Signals, Portland Oregon. 71 – 87.
Garber, NJ; dan Hoel, LA. 2009. Traffic and Highway. California: Thomson Learning, Inc.
Gultom, BP; Sulistyorini, R; dan Putra, S. 2019. Pengaruh Bukaan (U-Turn) Di Ruas Jalan Z.A. Pagar Alam Terhadap Kinerja Lalu-Lintas (Studi Kasus U-Turn Di Depan Wisma Bandar Lampung). Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain. 7(2): 299 – 310.
National Research Council; dan Transportation Research Board. 2000. Highway Capacity Manual. Washington DC: National Academy of Science.
Obaidat, TIAS; dan Elayan, MS. 2013. Gap Acceptance Behavior at U-Turn Median Openings - Case Study in Jordan. Jordan Journal of Civil Engineering. 7(3): 332 –41.
Undang – Undang Republik Indonesia. 2007. Perkeretaapian. Jakarta.
Puspitasari, R. 2016. Analisis Tundaan Akibat Penutupan Palang Pintu Kereta Api (Studi Kasus Segmen Ruas Jalan Simpang Urip Sumoharjo – Kimaja). Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JRSDD is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.