Kajian Korelasi Hambatan Samping Terhadap Kecepatan di Jalan 2/2 UD

Authors

  • Ayu Lena Lena Meilina
  • Sasana Putra
  • Siti Anugrah Mulya Putri Ofrial
  • Rahayu Sulistyorini

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2472

Abstract Views: 69 File Views: 132 File Views: 0

Abstract

Abstract

Side Obstacles that occur on Jalan Untung Suropati to be precise in the market area of Labuhan Ratu Station such as the use of the shoulder of the road as a parking lot, the road used by pedestrians, vehicles entering and leaving the market, loading and unloading of goods carried out on the road, as well as vehicles used by pedestrians. stop to go up and down. The railroad crossing adjacent to the market will affect traffic flow, and the entry and exit of vehicles on the train will cause side barriers. This study aims to determine how much influence the side barriers that occur and how these obstacles affect vehicle speed on Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu. Side drag, speed and volume of direct traffic data by conducting a survey for 1 day and analyzed using the 2014 Indonesian Road Capacity Guidelines, while the effect of side barriers on speed was analyzed using linear regression with the help of Microsoft Excel. From this study, it was found that the highest volume on Monday afternoon at 17.15-17.20 WIB was 793, the highest speed on Monday afternoon was 16,422 km/hour, the highest side drag on Monday morning was 138.4. Based on the results of linear regression analysis, it can be seen that the side resistance is negative, this indicates that if the resistance variable increases by 1, it will affect the speed of 0.0464.

 

Keywords : Side barrier; speed, traffic flow.

Abstrak

Hambatan Samping yang terjadi di ruas Jalan Untung Suropati Tepatnya di kawasan pasar Stasiun Labuhan Ratu seperti penggunaan bahu jalan sebagai tempat parkir, badan jalan yang digunakan oleh pejalan kaki, kendaraan yang masuk keluar pasar, bongkar muat barang yang dilakukan di badan jalan, serta kendaraan yang berhenti untuk menaik dan menurunkan. Palang kereta api yang berdekatan dengan pasar akan mempengaruhi arus lalu lintas, serta keluar masuknya kendaraan di kereta api kereta api akan menimbulkan hambatan samping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hambatan samping yang terjadi serta bagaimana pengaruh hambatan tersebut terhadap kecepatan kendaraan di Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu. Data Hambatan Samping, kecepatan dan volume lalu lintas langsung dengan melakukan survei selama 1 hari dan dianalisis dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014, sedangkan untuk pengaruh hambatan samping dan arus lintas terhadap kecepatan dianalisis menggunakan regresi linier dengan bantuan Microsoft Excel. Dari penelitian ini didapat volume tertinggi pada senin sore pukul 17.15-17.20 WIB sebesar 793, kecepatan tertinggi pada senin sore sebesar 16.422 km/jam, hambatan samping tertinggi pada senin pagi sebesar 138,4. Berdasarkan hasil analisis regresi linier dapat diketahui bahwa hambatan samping bernilai negatif, hal ini menunjukkan bahwa jika variabel hambatan mengalami peningkatan 1 , maka akan mempengaruhi kecepatan sebesar 0,0464.

Kata kunci : Arus lalu lintas; hambatan samping, kecepatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, W.I. and Suryana, D.A., 2017. Model Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Perkotaan Di Jalan Imam Bonjol Bandar Lampung. Bandar Lampung: Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains, 1 (1), 6–10.

Irfan, 2017. Pengaruh Hambatan Samping TerhadapKecepatan Dan Arus Lalulintas. Aceh Barat: Jurusan Teknik Sipil Universitas Teuku Umar 3 (4), 64–76.

Ishak, 2016. Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pasar Baru Talang Banjar Kota Jambi). Jambi: Jurnal Rekayasa Sipil, 13 (April), 1–10.

Jansen, F., Sendow, T.K., Sipil, J.T., Teknik, F., and Sam, U., 2017. Analisa Hambatan Samping dan Manajemen Lalulintas Ruas Jalan. Manado: Jurnal Ilmiah Media Engineering, 7 (3), 803–810.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2014. Kapasitas Jalan Perkotaan. Jakarta: Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, 70.

Kurniati, T.S.& N., 2004. Pengaruh Hambatan Samping (Aktivitas Pasar) Terhadap kapasitas jalan dan kecepatan tempuh. Jogjakarta: Universitas Islam Indonesia.

Prayitno, E., 2017. Kajian On Street Parking dan Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Jhoni Anwar, Lapai, Kota Padang). Padang: Jurnal Inersia, IX (2), 1–12.

Rauf, H., Sendow, T.K., and Rumayar, A.L.E., 2015. Samping Terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan Regresi Linier Berganda ( Studi Kasus Ruas Jalan Dalam Kota Pada Segmen Jalan Lumimuut ). Manado Jurnal Sipil Statik: 3 (10), 669–684.

Senduk, K.T., Rumayar, A.L.E., Palenewen, and Steve, C.N., 2018. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Kota Tomohon ( Studi Kasus : Persimpangan JL . Pesanggrahan – Persimpangan JL . Pasuwengan ). Tomohon: Jurnal Sipil Statik, 6 (7), 461–470.

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Meilina, A. L. L., Putra, S., Ofrial, S. A. M. P., & Sulistyorini, R. (2022). Kajian Korelasi Hambatan Samping Terhadap Kecepatan di Jalan 2/2 UD. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 10(1), Hal. 167 – 180. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2472

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi Maret 2022