Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Provinsi Berdasarkan Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 (Studi Kasus : Jl. Laksamana R.E Martadinata Bandar Lampung, Lampung)

Authors

  • Deni Purwadi lampung university
  • Rahayu Sulistyorini
  • Siti Mulya
  • Dwi Herianto

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2448

Abstract Views: 324 File Views: 251 File Views: 0

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat terpenting, sehingga desain perkerasanjalanyangbaikadalahsuatukeharusanuntukmenghubungkansuatu tempat ke tempatlain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tebal struktur perkerasan jalan yang dipakai pada jalan provinsi berdasarkan Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017.

Lokasi penelitian dilaksanakan di Jl. Laksamana R.E martadinata Bandar Lampung dengan panjang jalan 5,179 km. Umur Rencana yang direncanakan Menggunakan Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 adalah selama 20 tahun dengan faktor laju perumbuhan lalu lintas sebesar 4,83 % dan diperoleh nilai Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) sebesar3.137.290.03. Berdasarkan evaluasi tebal perkerasan antara Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 dengan desain yang digunakan oleh Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Lampung, maka penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pembangunan jalan di provinsi lampung.

Kata Kunci : Jalan raya, Stuktur Perkerasan, MDP 2017

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bina Marga, 2017. Manual Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017). Jurnal Infrastruktur PUPR, 1 (01), 261–266.

Mantiri, C.C., Sendow, T.K., and Manoppo, M.R.., 2019. Analisa Tebal Perkerasan Lentur Jalan Baru Dengan Metode Bina Marga 2017 Dibandingkan Metode Aashto 1993. Jurnal Sipil Statik, 7 (10), 1303–1316.

Pattipeilohy, J., Sapulette, W., and Lewaherilla, N.M.Y., 2019. Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Desa Waisarisa – Kaibobu. Manumata Vol 5, No 2 (2019), 5 (2), 56–64.

Rahman, A.A., Suraji, A., and Cakrawala, M., 2021. Analisis Perbedaan Struktur Perkerasan Jalan Menggunakan Beban Sumbu Standar Dan Beban Sumbu Riil. jurnal ilmiah Teknik Sipil dan Lingkungan BOWPLANK, 1 (1), 1–14.

Sirait, F.O.S., Supiyan, and Elvina, I., 2020. Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur ( Flexible Pavement ) Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Tahun 2017. Teknika, 3 (2), 186–197.

Sudarno, S., Abdulah, B., Mukti, O.D., Pradipta, A.I., Rafika, L.C.A., Pramudita, R.A., and Sayekti, E.N., 2017. Analisis Struktur Perkerasan Jalan Magelang-Purworejo Km 5. Reviews in Civil Engineering, 1 (1), 1–7.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Purwadi, D., Sulistyorini, R., Mulya, S., & Herianto, D. (2022). Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Provinsi Berdasarkan Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 (Studi Kasus : Jl. Laksamana R.E Martadinata Bandar Lampung, Lampung). Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 10(1), Hal. 135 – 142. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i1.2448

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi Maret 2022