Analisis Perbandingan Kedalaman Gerusan Lokal (Local Souring) Di Hilir Bangunan Pelimpah (Ogee and Stepped Spillway) Dengan Model Fisik 2D

Eko Adi Saputra, Endro Prasetyo Wahono, Ahmad Zakaria

Abstract


Abstrak

Spillway atau disebut dengan bangunan pelimpah merupakan bangunan air yang memiliki fungsi untuk mengalirkan debit banjir yang masuk ke dalam waduk. Dalam perencanaan suatu bangunan air diperlukan penelitian terdahulu mengenai masalah penggerusan lokal (Local Scouring) yang terjadi akibat adanya kecepatan air dan turbulensi yang melampaui daya tahan dari dasar saluran pada bagian hilir bangunan. Dari analisis hidrolika penelitian ini menggunakan desain bangunan pelimpah Ogee and Stepped dengan model fisik 2-D dan sedimen yang digunakan adalah pasir dengan diameter seragam yaitu 1,8 mm atau lolos ayakan no. 16. Penelitian ini menunjukkan 5 kali pengamatan pola gerusan lokal di hilir bendung pada setiap percobaan selama 25 menit. Pengamatan gerusan meliputi besarnya debit dan kedalaman gerusan maksimum yang terjadi pada hilir bendung. Pada bangunan pelimpah Ogee Spillway gerusan maksimum (dsmax) terjadi pada ketinggian di hulu (H0) 3 cm sebesar 0,097 m dengan Lds sebesar 0,17 m dari hilir pelimpah. Pada bangunan pelimpah Stepped Spillway gerusan maksimum (dsmax) terjadi pada ketinggian di hulu (H0) 3 cm sebesar 0,125 m dengan Lds sebesar 0,09 m dari hilir pelimpah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar debit aliran, maka semakin besar kedalaman gerusan yang terjadi.

 

Kata kunci : Pelimpah Ogee and Stepped Spillway, Gerusan Lokal, Sedimen.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

De Vries, M. 1977. Scale Model in Hydraulics Engineering. Delft.

Verheij H.J, and Hoffmans. 1997. Scour Manual. AA Bakema. Rotterdam.

Legono. 1990. Gerusan Pada Bangunan Sungai. PAU Ilmu-Ilmu Teknik UGM. Yogyakarta.

Raju, Rangga K.G. 1986. Aliran Melalui Saluran Terbuka. Erlangga, Jakarta.

Raudkivi, and Breusers. 1991. Clear Water Scour at Cylindrical Piers. Journal Hydraulic Engineering. Volume 103.

SNI 8137. 2015. Pengukuran Debit Pada Saluran Terbuka Menggunakan Bangunan Ukur Tipe Pelimpah Atas. Bandar Standar Nasional. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher

Department of Civil Engineering

Engineering Faculty

University of Lampung

Website: http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd

Email: jurnal.rekayasa.sdd@gmail.com
 
Copyright (c) JRSDD (Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain)
P-ISSN: 2303-0011 (Print); E-ISSN: 2715-0690 (Online)