Analisis Spasial Dan Non Spasial Terhadap Minat Siswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Di Kota Metro Tahun 2023

Authors

  • Araneta Aqzela Universitas Lampung
  • Citra Dewi Universitas Lampung
  • Rahma Anisa Universitas Lampung
  • Romi Fadly Universitas Lampung

Abstract

Kota Metro memiliki visi dan misi yaitu menjadikan Kota Metro sebagai kota pendidikan, tetapi berdasarkan data BPS pada tahun 2021 diketahui indikator APS, APK, dan APM Kota Metro untuk jenjang  perguruan tinggi memiliki nilai yang rendah yaitu 29,57%, 31,95% dan 27,21%. Rendahnya nilai APS, APK, dan APM dipengerahui oleh banyak variabel baik variabel spasial dan non spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelas kesesuaian perguruan tinggi dengan menganalisis hubungan antara variabel spasial dan non spasial terhadap minat siswa dalam memilih perguruan tinggi di Kota Metro.

Data yang digunakan 10 perguruan tinggi dengan data variabel spasial seperti aksesibilitas, jangkuan fasilitas kantor pemertintah, jangkuan fasilitas terminal, jangkuan fasilitas bisnis, jangkuan fasilitas kesehatan. Sedangkan variabel non spasial menggunakan fasilitas, daya minat, dan akreditas perguruan tinggi, dalam mengetahui kesesuaian kelas menggunakan metode buffer dan skoring. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan variabel spasial dan non spasial terhadap minat siswa dalam memilih perguruan tinggi menggunakan metode regresi dengan melihat nilai korelasi.

Hasil penelitian perguruan tinggi di Kota Metro menunjukkan bahwa kelas kesesuaian berdasarkan variabel spasial  sebesar 10% sangat tinggi, 50% sedang, dan 40% sangat rendah. Kemudian  untuk non spasial terdapat 40% dinyatakan sangat tinggi, 20% sedang, dan 40% sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel non spasial lebih berpengaruh dibandingkan dengan variabel spasial dengan nilai hubungan sebesar 0,46. Varibel non spasial memiliki korelasi hubungan yang cukup signifikan, sedangkan  variabel spaisial tdiak cukup siginifikan dalam mempengaruhi  minat siswa dalam memilih perguruan tinggi di Kota Metro.

 

Kata kunci: variabel spasial, variabel non spasial, perguruan tinggi,  kesesuaian

 

References

Djuraini, F., Hendra, H., & Eraku, S. S. (2023). Analisis Kesesuaian Lokasi Sarana Pendidikan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Sekolah Menengah Atas Se-Kota Gorontalo). Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 1(2), pp. 72–80.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1),pp. 1–8.

Nasriaty N. (2016). Implementasi Kebijakan Rencana Tata Ruang Wilayah Di Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis, 4, pp. 98–108.

Oktaviani, R. F. (2018). Studi Variabel Geografis Untuk Pembangunan Model Spasial Berbasis Preferensi Karakteristik Pemilihan Indekos Mahasiswa Universitas Lampung. Ilmiah Go Infotech, 55(november),pp. 1–55.

Nurfia, Saleh, S., & Nasrullah, M. (2017). Variabel-variabel yang mempengaruhi Mahasiswa memilih program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar, pp. 1–6.

Downloads

Published

2025-12-19 — Updated on 2025-12-19

Versions

How to Cite

Aqzela, A., Dewi, C., Anisa, R. ., & Fadly, R. . (2025). Analisis Spasial Dan Non Spasial Terhadap Minat Siswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Di Kota Metro Tahun 2023. Datum: Journal of Geodesy and Geomatics, 5(2), 10–18. Retrieved from https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jgg/article/view/8672