Analisis Spasial Dan Non Spasial Terhadap Minat Siswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Di Kota Metro Tahun 2023
Abstract
Kota Metro memiliki visi dan misi yaitu menjadikan Kota Metro sebagai kota pendidikan, tetapi berdasarkan data BPS pada tahun 2021 diketahui indikator APS, APK, dan APM Kota Metro untuk jenjang perguruan tinggi memiliki nilai yang rendah yaitu 29,57%, 31,95% dan 27,21%. Rendahnya nilai APS, APK, dan APM dipengerahui oleh banyak variabel baik variabel spasial dan non spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelas kesesuaian perguruan tinggi dengan menganalisis hubungan antara variabel spasial dan non spasial terhadap minat siswa dalam memilih perguruan tinggi di Kota Metro.
Data yang digunakan 10 perguruan tinggi dengan data variabel spasial seperti aksesibilitas, jangkuan fasilitas kantor pemertintah, jangkuan fasilitas terminal, jangkuan fasilitas bisnis, jangkuan fasilitas kesehatan. Sedangkan variabel non spasial menggunakan fasilitas, daya minat, dan akreditas perguruan tinggi, dalam mengetahui kesesuaian kelas menggunakan metode buffer dan skoring. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan variabel spasial dan non spasial terhadap minat siswa dalam memilih perguruan tinggi menggunakan metode regresi dengan melihat nilai korelasi.
Hasil penelitian perguruan tinggi di Kota Metro menunjukkan bahwa kelas kesesuaian berdasarkan variabel spasial sebesar 10% sangat tinggi, 50% sedang, dan 40% sangat rendah. Kemudian untuk non spasial terdapat 40% dinyatakan sangat tinggi, 20% sedang, dan 40% sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel non spasial lebih berpengaruh dibandingkan dengan variabel spasial dengan nilai hubungan sebesar 0,46. Varibel non spasial memiliki korelasi hubungan yang cukup signifikan, sedangkan variabel spaisial tdiak cukup siginifikan dalam mempengaruhi minat siswa dalam memilih perguruan tinggi di Kota Metro.
Kata kunci: variabel spasial, variabel non spasial, perguruan tinggi, kesesuaian
References
Djuraini, F., Hendra, H., & Eraku, S. S. (2023). Analisis Kesesuaian Lokasi Sarana Pendidikan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Sekolah Menengah Atas Se-Kota Gorontalo). Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 1(2), pp. 72–80.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1),pp. 1–8.
Nasriaty N. (2016). Implementasi Kebijakan Rencana Tata Ruang Wilayah Di Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis, 4, pp. 98–108.
Oktaviani, R. F. (2018). Studi Variabel Geografis Untuk Pembangunan Model Spasial Berbasis Preferensi Karakteristik Pemilihan Indekos Mahasiswa Universitas Lampung. Ilmiah Go Infotech, 55(november),pp. 1–55.
Nurfia, Saleh, S., & Nasrullah, M. (2017). Variabel-variabel yang mempengaruhi Mahasiswa memilih program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar, pp. 1–6.
Downloads
Published
Versions
- 2025-12-19 (2)
- 2025-12-19 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Datum: Journal of Geodesy and Geomatics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


