ANALISIS DEFORMASI GUNUNG SINABUNG BERDASARKAN DATA PENGAMATAN GPS PERIODE 2017-2018

Tania Sari Rahmawati, Romi Fadly, Eko Rahmadi

Abstract


Gunung Sinabung merupakan salah satu gunung api aktif yang ada di Indonesia yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Gunung Sinabung tercatat tidak pernah meletus sejak tahun 1600an, tetapi pada Agustus 2010 Gunung Sinabung mengalami erupsi untuk pertama kali setelah sekian lama tidak ada aktivitas di Gunung Sinabung. Potensi bahaya yangdihasilkan oleh hasil erupsi Gunung Sinabung mampu menghasilkan material berukuran abu sampai awan panas. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengamatan yang signifikan dan kontinyu terhadap aktivitas Gunung Sinabung ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pergeseran Gunung Sinabung. Metode yang digunakan untuk pemantauan aktivitas Gunung Sinabung dengan metode geodetik yaitu metode pengamatan GPS secara kontinyu. Dengan dilakukannya pemantauan dan analisis pergeseran titik pengamatan pada Gunung Sinabung, diharapkan dapat memberikan gambaran kecenderungan aktivitas Gunung Sinabung, sehingga dapat membantu bagaimana pergeseran yang terjadi pada titik pengamatan Gunung Sinabung. Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat 2 periode pengamatan yaitu periode 1 deformasi pada stasiun pengamatan Gunung Sinabung bergerak ke segala arah dan mengalami pergeseran yang signifikan dan inflasi yang besar pada semua stasiun pengamatan Gunung Sinabung. Periode 2 deformasi pada stasiun pengamatan Gunung Sinabung bergerak ke segala arah. Namun terdapat perbedaan pada stasiun pengamatan dimana MRDG mengalami deflasi sedangkan KBYK, LKWR dan SNBG terjadi inflasi.


Kata kunci: gunung sinabung, deformasi, pergeseran, gps.


References


Abidin, H. Z, dkk. 2006. Karakteristik Deformasi Ijen dalam

periode 2002-2005 Hasil Estimasi Metode Survei GPS. ITB, Bandung. PROC. ITB Sains & Tek, Vol. 39 A, No. 1&2, 2007, 1-22.

Kriswati, E. 2015. Low Rate of Sinabung Deformation Inferred by GPS

Measurement. AIP Conference Proceeding, 2015: 1-8

Meilano, I. 1997. Pemantauan Deformasi Gunungapi Secara Episodik

Menggunakan GPS. Tugas Akhir. Institut Teknologi Bandung.

Purnomo, J. 2016. Analisa Pergeseran Titik Pengamatan GPS pada Gunung Merapi Periode Januari-Juli 2015. Jurnal Teknik Its, Vol. 5 No. 2.

Sari, W. 2014. Analisis Variasi Temporal Regangan di Gunung Sinabung Periode 2011-2013. Tugas Akhir. Institut Teknologi Bandung.

Siregar, D. 2013. The August 2010 Phreatic Eruption of Mount Sinabung, North Sumatera. Indonesian Journal of Geology,Vol. 8 No. 1, pp. 55-56


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Department of Geodesy and Geomatics, University of Lampung