ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI REDBUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Nandya Pramudibyo

Abstract


Abstrak. Aplikasi Redbus adalah aplikasi agen perjalanan berbasis online atau yang dapat disebut Online Travel Agent (OTA). Aplikasi ini memiliki fitur layanan seperti tiket pemesanan tiket transportasi Bus dan Shuttle yang dapat membantu pengguna berpergian ke suatu tempat dan pastinya untuk menambah kepuasan pelanggan pada Redbus. Model kepuasan pengguna yang digunakan adalah End User Computing Satisfaction dengan 5 variabel yaitu content, accuracy, format ease of use dan timeliness. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliable. Hasil pengujian linearitas dan normalitas dinyatakan normal. Penilaian menggunakan skala likert, pengolahan data menggunakan SPSS versi 26 dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda (uji F dan uji T). ). Terdapat pengaruh secara simultan dari hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis (Uji F) yang memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi Redbus karena berpengaruh besar pada kualitas aplikasi terhadap kepuasan pengguna sebesar 79.034. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara variabel bebas (accuracy dan user satisfaction) secara individual (parsial). Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara variabel bebas (format dan user satisfaction) secara individual (parsial). Terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel bebas (ease of use dan user satisfaction) secara individual (parsial). Terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel bebas (timeliness dan user satisfaction) secara individual (parsial).


Full Text:

PDF 1099-1107

References


V. Rahmadayanti, Pristiyono, and Z. Nasution, “STRATEGI KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM BELANJA ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE,” vol. 11, 2022.

N. Permata Sari, M. Nasir, and R. Andryani, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Paytren Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” 2019.

I. Kurniasih and D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2021.

R. Mcleod, G. Schell, G. P. Schell Disampaikan, and M. Yunanto, “Management Information Systems, 10/e,” 2007.

T. Hidayat and D. S. Canta, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Tokopedia dengan Menggunakan Metode TAM,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 2, p. 472, Apr. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4088.

S. Surahmat, “ANALISIS PENERIMAAN LEARNING MANAJEMEN SISTEM JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3843.

B. A. Stefany, F. M. Wibowo, and C. Wiguna, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 3, no. 1, 2021, [Online]. Available: http://journal-isi.org/index.php/isi

B. A. R. Tulodo and A. Solichin, “ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CARE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN,” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), vol. 10, no. 1, 2019.

I. Prayanthi, E. Lompoliu, and R. D. Langkedeng, “THE EFFECT OF SYSTEM QUALITY, INFORMATION QUALITY AND PERCEIVED USEFULNESS ON ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM USER SATISFACTION,” Accounting Review |, vol. 1, no. 2, 2020.

Y. L. R. Rehatalanit, “PERAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS,” 2021.

D. Novita and F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS) Analysis Of User Satisfaction Of The Traveloka Application Using The Technology Acceptance Model (TAM) And The End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method,” 2021.

D. A. Nani and L. F. Lina, “Determinants of Continuance Intention to Use Mobile Commerce during the Emergence of COVID-19 In Indonesia: DeLone and McLean Perspective,” SRIWIJAYA INTERNATIONAL JOURNAL OF DYNAMIC ECONOMICS AND BUSINESS, vol. 5, no. 3, p. 261, Jan. 2022, doi: 10.29259/sijdeb.v5i3.261-272.

R. Fadillah and L. Slamet, “PERANCANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 6 PADANG,” VOTEKNIKA Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 7, no. 2, 2019.

R. Dwi and T. Hermawanto, “PENGUATAN ANALISIS DATA STATISTIK DENGAN MENGGUNAKAN SPSS PADA MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNU BLITAR,” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara, vol. 3, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://journal.unublitar.ac.id/jppnu

H. F. Nasution, “INSTRUMEN PENELITIAN DAN URGENSINYA DALAM PENELITIAN KUANTITATIF,” 2016.

N. Miftahul Janna and Herianto, “KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS,” 2018.

S. Santoso, “Menguasai Statistik dengan SPSS 25,” 2014.

sugiyono, “METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D,” 2013.

S. Hadi, “ISU UJI ASUMSI,” 2001.

I. Ghozali, “APLIKASI ANALISIS MILTIVARIATE DENGAN PROGRAM IBM SPSS 19,” 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062