PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN KEDAI MTC 99

Muhammad Nur Rachman Nidhi Suryono, Ahmad Yazid Isnandar, Mohammad Hasan Tajuk Rizal, Tegar Oktavianto Simbolon, Bella Trinanda Sanni, Anindo Saka Fitri

Abstract


Perkembangan teknologi informasi membuat sistem pemesanan di kedai MTC99 perlu dikembangkan ke arah digital. Banyaknya layanan yang tersambung pada jaringan internet seringkali digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia, karena dengan mendigitalisasikan sistem nya akan mendapat banyak manfaat salah satunya lebih efektif dalam proses dan laporan nya. Perancangan website ini merupakan solusi untuk Kedai MTC99 dalam melakukan perubahan digitalisasi proses bisnisnya. Kedai MTC99 sendiri merupakan usaha perdagangan yang menjual minuman dan penyewaan tenant di Rungkut Kidul, Surabaya. Pada pembangunan sistem ini dibutuhkan data yang menjadi pendukung, dapat diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti: observasi, wawancara dan pustaka. Perancangan model website divisualisasikan dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) menggunakan metode ICONIX process dalam mengimplementasikan pengembangannya. Dengan diterapkannya website ini diharap dapat  terjalin hubungan yang erat antara pihak Kedai MTC99 maupun pelanggan yang ingin/akan  memesan makanan dan minuman di kedai MTC 99.

Full Text:

PDF 118-124

References


Daryanto setiawan. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,72

Wibisono & Susanto. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Evolusi, 3(2), 65

Jajang Ogi Wisono, ,. D. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Customized Jersey. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3.

Reni Rosmitalia. (2016). Sistem Pemesanan Makanan di Rumah Makan Palapa Indah Berbasis Web Service Menggunakan Mobile Android.

Rahmawita, M., & Wiratama, A. (2021). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran dan Cafe Berbasis Android, 76.

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Martina Seidl, Marion Scholz, Christian Huemer, Gerti Kappel. (2014). UML @ Classroom: An Introduction to Object-Oriented Modeling. Heidelberg: dpunkt.verlag

Lastiansah, Sena. 2012. Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ibnu Dwi, 2018, Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Website Dengan Metode Waterfall, vol. 6, no. 1, pp 55-62.

Mulyani, Sri, 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi SisteMatika.

Aleryani, A. (2016). Comparative Study between Data Flow Diagram and Use. International Journal of Scientific and Research, 124.

Bungin, B. (2004). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta ilmu-ilmu social lainnya). Surabaya: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v11i2.2884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062