ANALISIS KESESUAIAN PENGGUNAAN TERHADAP RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Dwi Yosa Oktaria, Armijon Armijon, Eko Rahmadi

Abstract


Kecamatan Natar merupakan kecamatan dengan populasi penduduk terbanyak di Kabupaten Lampung Selatan, terus mengalami peningkatan kebutuhan lahan. Akibatnya penggunaan lahan akan mengalami alih fungsi sehingga dapat membuat masalah dalam penataan ruangnya, yaitu akan timbul lahan yang fungsinya tidak sesuai dengan RTRW. Oleh karena itu
perlu ada monitoring agar penggunaan lahan terus sejalan dengan RTRW. Monitoring dapat diketahui dengan melakukan perhitungan luas perubahan penggunaan lahan, analisis kesesuaian penggunaan lahan di terhadap RTRW serta analisis faktor–faktor utama yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan.

Penelitian ini dilakukan dengan membuat peta penggunaan lahan eksisting dengan Penginderaan Jauh yang dibandingkan dengan peta penggunaan tahun rencana (RTRW) untuk menghasilkan peta perubahan penggunaan lahan. Kemudian dilakukan validasi lapangan untuk selanjutnya dilakukan uji akurasi menggunakan matriks konfusi. Peta perubahan penggunaan lahan tadi kemudian dibandingkan dengan peta pola ruang RTRW untuk dianalisis kesesuaiannya. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan.
Berdasarkan analisis perubahan penggunaan lahan didapatkan hasil berupa lahan yang mengalami perubahan seluas 3302.662 ha (13%). Sedangkan penggunaan lahan yang tidak mengalami perubahan seluas 21954.56 ha (87%). Sementara itu hasil analisis kesesuaian didapatkan sebesar 20.153,10 ha (79,8%) penggunaan lahan yang sesuai dengan RTRW dan
5.104,11 ha (20,2%) yang tidak sesuai dengan RTRW. Faktor-faktor utama yang berpengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan adalah kepadatan penduduk dan aksesibilitas ke ibukota provinsi.


Kata kunci: Kesesuaian, Penggunaan Lahan, Perubahan Pernggunaan Lahan, Rencana Tata  RuangWilayah.


References


Armijon. 2019. Pemetaan Digital Praktis. Lampung. Anugrah Utama Raharja.

Armijon, A., Dewi, C., Purba, A., Perangin Angin, G., & Welly, M. (2019). Identifiksi Kawasan Konservasi Berbasis SIG.

Armijon, A., Setyanto, S., & Margareta, W. (2017). Laporan Penelitian: Kajian Neraca Penatagunaan Lahan Kabupaten Pringsewu.

Fadila, R. Analisis Kesesuaian Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap

Rencana Tata Ruang/Wilayah Di Kecamatan Penjaringan Kota Administratif Jakarta Utara Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Jurnal Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Hapsari, A. 2015. Kesesuaian Perubahan Penggunaan Lahan Dengan

Rencana Detail Tata Ruang Kasus: Kecamatan Godean Tahun 2009-

Yogyakarta: Jurnal Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Ningsih, R. 2018. Analisis Faktor-Faktor Terjadinya Alih Fungsi Lahan Pertanian Terhadap Status Pekerjaan Dan Pendapatan Petani Di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Department of Geodesy and Geomatics, University of Lampung